Pelanggan setia SELYA PRODUCT, kalau mau pesan barang, silahkan email/SMS/WA ke no : 081318621620, 081212220508, 0811184203 atau telp ke (021)87918341 di jam kerja, karena pesanan melalui website sedang masalah. Tks
klik untuk belanja Rp. 0,-
Qty 0
Home | Customer | Address | Pembayaran | Dokumentasi | BLOG | Download | Daftar Harga | Pengiriman | Detail Order | Konfirmasi | Hubungi Kami
   
 
Kategori Produk
    Elektronika   Lain-lain   Pakaian, Kerudung, Sandal, Dll Sold Out (8) Semua Kategori (308)  
 
  
 
Berita Selengkapnya
 
 
Mengatasi Suara FEEDBACK
[01/08/2012, 07:45:28]

Apakah antum salah satu yang dipusingkan dengan suara feedback ? suara mencuit yang menyakitkan telinga ? suara mendengung kayak tawon saat acara dimulai ?
Tapi antum tidak perlu cemas / resah karena permasalahan feedback sebenarnya banyak dialami oleh siapa saja, jadi banyak temennya maksud ane. Tidak sendirian.

Sekarang pertannyaannya, bagaimana sebenarnya proses terjadinya suara feedback itu ?

Berikut penjelasannya agar mengetahui proses terjadinya suara feedback .

Suara feedback muncul yaitu berawal dari sumber bunyi yang ditangkap oleh microphone kemudian dikuatkan oleh amplifier dan di keluarkan melalui loudspeaker, kemudian oleh microphone suara yang dihasilkan oleh loudspeaker ditangkap kembali oleh micropone dan kembali dikuatkan oleh amplifier dan kembali lagi dikeluarkan oleh loudspeaker.  Kejadian ini berulang terus. Karena frekuensi yang ditangkap oleh microphone dan yang dikeluarkan oleh loudspeaker adalah sama, sehingga terjadi penguatan yang berulang-ulang dan pada akhirnya terdenar oleh kita suara mencuit yang melengking pada puncak level suara yang tertinggi.
Bila di biarkan dalam waktu lama, suara ini selain dapat merusak kendang telinga karena intensitas suara yang tinggi, juga dapat merusakkan loudspeaker ataupun amplifier.


Berikut secara singkat beberapa penyebab terjadinya suara feedback dan sekaligus cara mengatasinya.
1. Kualitas perangkat suara
    Pemilihan perangkat suara sangatlah penting dalam menentukan kualitas suara yang dihasilkan. Pemilihan perangkat yang asal-asalan maka akan berdampak pada munculnya suara feedback. Jadi perlu sedikit ada pemahaman mengenai karakteristik perangkat yang akan dipasang.
Perangkat yang perlu perhatian khusus yaitu Speaker dan Microphone, kedua perangkat inilah yang sangat berperan dalam munculnya suara feedback.
Sedangkan karakteristik yang perlu diperhatikan adalah Tanggapan Frekuensi (Frequency Responce ) dari speaker dan Microphone yang perlu dicermati.
Karakteristik ini bisa di lihat pada manual book nya pada kolom spesifikasi.
Tapi sayangnya beberapa produk yang dijual dipasaran tidak banyak yang mencantumkan frequency responce chart ( grafik tanggapan frekuensi ).
Kebanyakan hanya menampilkan power / daya input,  frequency responce band ( lebar tanggapan frekuensi ), dll.
Tentu saja, kalau beli produk-produk yang sudah punya nama, biasanya kualitasnya sudah dapat dipertanggung jawabkan.  Dan bisa dipastikan, HARGA = KUALITAS

Berikut Contoh grafik tanggapan suara sebuah speaker/microphone.

Frequency Responce
Penjelasan :
> Pada grafik warna merah --> adalah contoh grafik tanggapan frekuensi yang sangat baik, dimana dari frekuensi rendah 20 Hz sampai frekuensi tinggi 20 KHz, tidak ada gejolak / rata disetiap perjalanan frekuensinya.  Bila kita memilih speaker / microphone dengan tanggapan response seperti ini maka dipastikan jauh dari gangguan suara feedback.
> Pada grafik warna biru --> adalah contoh grafik tanggapan frekuensi yang tidak baik / buruk.  Dengan adanya lonjakan level suara pada salah satu frekuensi sangat rentan terjadinya suara feedback.

2. Kondisi ruangan
    Bentuk dan kondisi ruangan juga dapat mempengaruhi terciptanya suara feedback.  Lantai yang keras ( seperti keramik, marmer ) sangat rentan terjadinya suaa feedback. Apalagi tembok yang dilapisi keramik / marmer, mudah sekali bangkitnya suara feedback.
Kenapa demikian ?
Suara mempunyai sifat merambat dan memantul. Pada frekuensi midle dan tinggi, mempunyai sifat memantul, sedangkan frekuensi rendah mempunyai sifat merambat.
Sedangkan suara manusia adanya dikisaran frekuensi menengah ( midle ) yaitu sekitar 300 Hz - 3 Khz.
Saat suara dikeluarkan oleh loudspeaker, oleh tembok dipantulkan kembali, kemudian pantulan ini dipantulkan kembali oleh tembok lainnya dan oleh lantai dipantulkan kembali yang pada akhirnya sampailah ke microphone. Suara yang ditangkap oleh microphone dikuatkan kembali oleh amplifier dan dikeluarkan melalui loudspeaker. Kejadian ini berlangsung cepat dan terus menerus. Karena frekuensi suara yang ditangkap sama maka ada penjumlahan di output amplifier yang berakibat terjadilah apa yang dinamakan feedback.
> Cara yang bijak yaitu meningkatkan redaman lantai / tembok, sehingga suara yang dipantulkan berkurang.  Hal paling mudah yaitu melapisi lantai dengan karpet. Kalau ada jendela, bisa dibuka, kalau tidak ada jendela, bisa menambahkan lapisan busa di tembok dengan di bentuk ornamen yang indah / menyatu dengan tembok agar tampah indah dekoratifnya.  Bila memungkinkan, tembok di buat berventilasi / berongga-rongga, sehingga suara bisa terjebak didalamnya.

3. Penempatan speaker
    Penempatan speaker juga menjadikan sumber terjadinya feedback.  Meskipun speaker yang digunakan speaker berkualitas tetapi meletakkannya asal-asalan tetap akan menimbulkan suara feedback.
Pada pembahasan yang lalu sudah pernah disampaikan, bagaimana penempatan speaker yang baik (klik link berikut : http://selyaproduct.com/?news=ya&bid=30  untuk masuk ke artikelnya )
Berikut ringkasan penempatan speaker yang disampaikan pada artikel sebelumnya meliputi :
> Titik penempatan speaker
    # Jangan terlalu dekat dengan microphone, tapi jangan terlalu jauh juga
    # Jangan simpan speaker dipojokan, karena akan menjadikan naiknya frekuensi tinggi dari speaker. Kondisi ini yang menjadikan kecenderungan feedback terjadi.
    # Jangan terlalu tinggi, tapi juga jangan terlalu rendah
> Arah penempatan speaker
    @ Jangan mengarah dari belakang ke depan, tapi arahkan dari depan ke belakang sedikit menyerong ke tengah agar suaranya terkumpul
    @ Jangan memasang speaker tegak lurus / berhadap-hadapan, dapat menyebabkan tabrakan suaranya, sehingga terjadi proses peningkatan level suara pada frekuensi tertentu atau pengurangan suara pada frekuensi tertentu.
    @ Jangan terlalu mendongak ke atas, tetapi sedikit menunduk ke bawah, agar fokus ke pendengar
> Jarak antar speaker
     * Jangan menempatkan speaker terlalu dekat, selain boros biaya juga bisa terjadi penjumlahan level suara yang berakibat feedback.
     ** Jangan terlalu jauh juga, menyebabkan suara kurang merata.

      > Selebihnya silahkan dibaca pada artikel terkait.

4. Setting tone control
    Selain perangkat, kondisi ruangan dan penempatan speaker, ternyata cara setting tone control di amplifier atau mixer juga sangat berpengaruh. Kalau settingnya asal-asalan maka suara feedback akan sering muncul. Kombinasi suara bass, midle, treble mempengaruhi bentuk tanggapan respons dari karakteristik suara yang dihasilkan oleh loudspeaker.
Jadi sebagai operator setting perlu memahami cara setting amplifier, khususnya mixer, banyak tombol yang mesti diatur, operator mesti memahami masing-masing fungsinya agar settingnya maksimal, bukan asal puter.
Do'akan admin cukup waktu untuk membuat artikel tentang fungsi dan setting mixer yang baik.


Ada cara lain yang dapat membantu mengurangi suara feedback bila dari pengaturan diatas dirasa masih kurang maksimal.  Cara berikut cukup ampuh dalam meng "eliminir " atau menghilangkan feedback yang menjengkelkan.

1. Menggunakan Equalizer dBX 231S
    Equalizer yang biasa dipakai untuk pengaturan nada bass, midle dan treble, bisa juga dimanfaatkan sebagai alat eliminator / penghilang suara feedback. Dengan memahami frekuensi suara feedback maka suara feedback bisa diredam.  Gunakan equalizer yang berkualitas agar tidak menambah suara noise.  Agar tingkat peredaman bisa selectif pergunakan equalizer yang sempit, misal yang memiliki 1/3 octave atau 31 channel.
Dengan equalizer yang selectif, suara yang hilang tidak terlalu banyak, sehingga kualitas suara tidak banyak berpengaruh saat salah satu channel di turunkan untuk menghilangkan feedback.
Teknik ini manual, artinya perlu ketekunan dan ketelitian dari operator settingnya. Perlu percobaan berkali-kali dengan posisi microphone berpindah-pindah, sehingga dipastikan dimanapun microphone tidak terjadi suara feedback.

Berikut blok diagramnya.


Kelemahan cara ini :
> Bila ada perubahan setting bass-midle treble di mixer, frekuensi feedback bisa berubah, jadi perlu di setting ulang untuk memastikan frekuensi feedback sudah diredam di berbagai tempat microphone.
> Perubahan jumlah hadirin bisa mempengaruhi frekuensi feedback. Jadi operator mesti standbay di lokasi setting agar sewaktu-waktu terjadi suara feedback sudah siap untuk menurunkan frekuensi yang dimaksud.
> Sulitnya memahami berap frekuensi feedback dengan hanya mendengarkan. Perlu pengalaman dan ketajaman telinga untuk memperkirakan dimana kira-kira lokasi frekuensi feedback terjadi.
   * Untuk membantu menemukan frekuensi feedback dengan cepat, bisa menggunakan spectrum analyser yang mampu mendeteksi frekuensi suara yang ada disekitar kita.  Dengan alat tersebut, maka akan dengan mudah diketahui berada di frekuensi mana feedback tersebut berada, sehingga dengan tepat dan cepat suara feedback langsung di atasi. Tentu saja, saat ini spectrum analyser harganya bisa puluhan juta, kalau hanya untuk cek sound sendiri tentunya sangatlah mahal.  Tapi nggak usah kawatir, kalau ente punya lap top / komputer itu bisa diatasi. Ada program free yang bisa di download, yaitu TRUERTA. Dengan program ini, masalah ente akan bisa teratasi.  Klik tautan berikut dan download untuk truerta level 1. Pelajari cara kerjanya, kutak-kutik sedikit nanti pasti akan ada hasil.
Berikut tautannya :  http://www.trueaudio.com/rta_down.htm

Keunggulannya  dari Equalizer :
> Selain untuk menghilangkan suara feedback, dengan adanya equalizer maka kualitas suara dapat diperbaiki, sehingga nyaman dan enak didengar. Seimbang antara bass-midle dan treble.

2. Mengunakan perangkat tambahan " Feedback Destroyer FBQ1000"
    Ini cara lain yang lebih praktis, yaitu dengan memasang otomatis penghilang suara feedback. Namanya FEEDBACK DESTROYER.  Dengan memasang alat ini maka kita tidak perlu mencari berapa frekuensi feedback terjadi, dan kita juga tidak perlu melakukan eksperimen dengan banyak lokasi microphone.  Dengan FEEDBACK DESTROYER, frekuensi suara feedback akan segera diketahui persekian detik ( sekitar 0.2 detik )  sudah bisa terdeteksi dan langsung mengambil tindakan yaitu mengeliminir feedback tersebut. Jadi tidak perlu operator yang standby terus di bagian sond system, cukup FEEDBACK DESTROYER yang menjaganya agar tidak terjadi feedback.

Berikut blok diagram instalasinya.
> Menggunakan Preamp mic untuk mendorong Feedback Destroyer
> Menggunakan Mixer ( X1204USB --> 6CH, X1222USB --> 8 CH, X2222USB --> 12CH ) untuk mendorong Feedback Destroyer.


> Cara lain : bisa saja menggunakan Mic Wireless ( Senheiser EW-900 > 2mic genggam, Shure LX88III > 2mic genggam, Bismarck BM-773/777 > genggam + jepit, Shure PGX14E > jepit / headset, dll ) ...yang ada receivernya, langsung dipasangkan ke Feedback destroyer.




3. Kombinasi Equalizer dBX 231S + Feedback Destroyer FBQ1000
    Terakhir yaitu kombinasi antara equalizer dan feedback destroyer. Equalizer disini hanya untuk memperbaiki kualitas suara bass-midle dan treble, sehingga diperoleh suara yang pas dan seimbang, enak didengar dan nyaman.  Untuk kontrol feedback tetap mengandalkan perangkat feedback destroyer.
Berikut blok diagramnya.

Demikian sekilas tentang cara mengatasi suara feedback semoga membantu permasalahan antum semuanya.

salam,

Admin


Berita lainnya ..
  1. Aplikasi Line Array Speaker Z-5BHX2
    [01/08/2012, 07:45:28]   Beberapa artikel sebelumnya sudah dikupas mengenai apa itu Array speaker, keunggulannya dibanding speaker biasa, dan juga bagaimana membuat speaker biasa menjadi speaker array. Kali ini akan saya berikan beberapa aplikasi Array Speaker di berbagai event yang tentunya bisa buat inspirasi dalam, selengkapnya ..

  2. Merangkai Array Speaker system sendiri
    [01/08/2012, 07:45:28] Dalam artikel lain sudah pernah di bahas mengenai keunggulan dari Array Speaker System yaitu diantarannya :- Penyebaran suara merata kiri-kanan bila dipasang berdiri ( setengah lingkaran )- Penyebaran suara jauh kedepan dengan intensitas suara cenderung merata dari depan speaker sampai yang paling jauh ( penurunannya tidak drastis ), sehingga membuat kenyamanan, selengkapnya ..

  3. Pemahaman Speaker INDOOR dan OUTDOOR
    [01/08/2012, 07:45:28] Masih banyak yang kurang paham, mengenai apa itu speaker indoor dan speaker outdoor, agar tidak salah memilih berikut penjelasannya.Speaker indoor yaitu speaker yang dalam pembuatannya dari bahan - bahan yang tidak tahan terhadap sinar matahari atau air hujan. Speaker akan rusak bila terkena sinar matahari atau kena air hujan.Sedangkan speaker outdoor, selengkapnya ..

  4. Bell Sekolah
    [01/08/2012, 07:45:28] Bel sekolah yang menandai kapan mulai masuk sekolah, kapan ganti pelajaran, kapan istirahat dan kapan waktunya pulang, pada umumnya masih banyak yang dilakukan secara manual / konvensional. Baik menggunakan tabung besi yang di pukul dengan palu besi atau menggunakan bel elektronik yang cukup di tekan tombol belnya. Tentunya bell konvensional ini, selengkapnya ..

  5. Membangun Mic Confrence system TOA TS-770 w/Sound System ruangan
    [01/08/2012, 07:45:28] Pada artikel sebelumnya pernah dibahas bagaimana cara membangun sebuah mic confrence TOA tipe TS-770 series.Kali ini admin akan membahas bagaimana cara membangun mic confrence TOA tip TS-770 series dengan kombinasi sound system ruangan.Sebenarnya setiap desktop , baik itu mic delegate atau mic chairman, semuanya sudah ada speaker yang bunyi bila ada, selengkapnya ..

  6. Merancang Mic Confrence system TOA TS-770
    [01/08/2012, 07:45:28] Mic Confrence merk TOA, tipe TS-770, merupakan mic confrence kabel yang sudah banyak diaplikasi di ruang-ruang meeting perkantoran di instansi pemerintah ataupun swasta.  Dengan speaker yang tertanam di setiap delegate / chairman unit, sehingga tidak perlu sound system tambahan lagi. Dengan design yang, selengkapnya ..

  7. Optimalisasi Mixer Amplifier ZA-2128MW
    [01/08/2012, 07:45:28] Kali ini admin akan membagi tips bagaimana mengoptimalkan amplifier ZA-2128MW yang dikenal dengan amplifier masjid, karena memang amplifier ini dirancang khusus untuk penggunaan di masjid, makanya dinamakan ampli masjid.Keunggulan yang dimiliki ampli ZA-2128MW banyak sekali, diantaranya :1. Dual output --> outputnya ada 2 ( stereo ), CH1 dan CH2.  dimana input, selengkapnya ..

  8. Suara adzan kurang keras ?
    [01/08/2012, 07:45:28] Saya sering mendapat pertanyaan, bagaimana caranya agar suara adzan bisa keras terdengar ?  Berbagai usaha yang sering dilakukan pengurus Masjid / Mushola agar suara adzannya menjadi lebih keras yaitu dengan mengganti amplifier dengan daya besar, atau menambah volume amplifier sekeras-kerasnya tanpa mengabaikan tanda peringatan yang ada di amplifier.Tapi usahanya belum berhasil. , selengkapnya ..

  9. Merancang Confrence system dengan Desk Mic Wireless
    [01/08/2012, 07:45:28] Dewasa ini kebutuhan akan mic confrence dalam rapat sudah menjadi bagian dari suksesnya pelaksanaan rapat itu sendiri.Sound system yang kurang memadai akan mengganggu jalannya rapat.Ada banyak tipe mic confrence yang dapat di pergunakan, mulai dari harga paling murah sampai harga yang paling tinggi.Dalam kesempatan, selengkapnya ..

  10. Hubungan SERI & PARALEL
    [01/08/2012, 07:45:28] Dalam instalasi sound system, selain daya total speaker yang harus diperhatikan, Impedansi total speaker ( Z )  juga harus diperhatikan, khususya untuk low impedansi (speaker tanpa mtaching trafo).  Untuk speaker High Impedansi ( speaker pakai matching trafo), impedansi tidak perlu diperhatikan, cukup daya total (P) saja yang diperhatikan.Untuk memperoleh impedansi total, selengkapnya ..

  11. Merubah speaker biasa (low impedance) menjadi Speaker High Impedance
    [01/08/2012, 07:45:28] Tuntutan penerapan teknologi informasi di sekolah dewasa ini semakin digalakkan, termasuk salah satunya penggunaan Sound System untuk sekolah.Berbagai upaya ditempuh oleh pengelola sekolah, ada yang langsung menghubungi distributor TOA yang tidak hanya menjual produk TOA tapi juga sekaligus instalasinya. Ini cara paling mudah, cepat, tepat dan siap pakai.  Biaya ?  tentu, selengkapnya ..

  12. Sound System Sekolah
    [01/08/2012, 07:45:28]       Dewasa ini,  sound system sudah mulai merambah ke sekolah-sekolah dengan berbagai tujuan, diantaranya :  > Listening ( Ujian Bahasa ), > Paging system ( panggilan / pengumuman ), > Upacara bendera, > Bell sekolah > Radio sekolah> Music pengantar istirahat > Kegiatan lainnya.Berikut beberapa contoh aplikasi sound system sekolah, selengkapnya ..

  13. Contoh Aplikasi sound system Masjid 20 x 20 m
    [01/08/2012, 07:45:28] Dalam artikel sebelumnya, sudah pernah disampaikan beberapa blok diagram sound system dengan ukuran mushola atau masjid yang berbeda-beda. Kali ini akan ditampilkan contoh aplikasi sound system untuk masjid ukuran 20 x 20 dengan menggunakan beberapa perangkat suara yang lebih komplit ( professional ).Pada, selengkapnya ..

  14. Mengatasi Speaker Horn / Corong TOA mudah putus
    [01/08/2012, 07:45:28] Assalamu'alaikum wr.wb.Sering kali ada keluhan dari teman / pelanggan setia SELYA PRODUCT  yang mengeluhkan corong TOA sering putus.Sebenarnya apa yang menyebabkan horn putus ? padahal di pabriknya sudah melalui pemeriksaan dan pengujian yang sangat ketat.Berikut jawaban dan analisanya.1. Miss Product  ( penyimpangan kualitas )    Corong TOA adalah masih buatan, selengkapnya ..

  15. Contoh Aplikasi Sound system Masjid/Mushola
    [01/08/2012, 07:45:28] Assalamu'alaikum wr.wb.Berikut beberapa contoh aplikasi / penerapan pemilihan amplifier dan speaker, serta microphone untuk masjid/mushola yang bisa di jadikan referensi.1. Mushola ukuran 6 m x 6 m    Untuk mushola dengan ukuran 6 m x 6 m , yang paling sederhana speaker dalam menggunaka wall speaker tipe ZS-062 2, selengkapnya ..

  16. Technology TOA Wireless System
    [01/08/2012, 07:45:28] Seringkali bila menggunakan mic wireless yang membuat kita jengkel yaitu bila suara terputus-putus, sehingga acara jadi kacau.TOA dengan technology yang dimiliki, sudah menyediakan pilihan produk yang bisa digunakan dengan dari single wireless sampai yang multi wireless.Single wireless yaitu yang digunakan secara sendiri-sendiri, misal untuk di ruang kelas, untuk training di ruangan,, selengkapnya ..

  17. Apa arti IMPEDANSI ?
    [01/08/2012, 07:45:28] APA ITU IMPEDANSI ?  Dalam penggunaan speaker kita sering mendengar dan membaca istilah impedance atau impedansi, kira-kira apa ya???? , selengkapnya ..

  18. Setting daya speaker dan pemilihan speaker
    [01/08/2012, 07:45:28] Artikel terdahulu sudah dibahas pengaruh dari jarak terhadap SPL dan pengaruh daya terhadap SPL.  Kali ini akan akan saya sampaikan penerapan dari kedua rumus perhitungan dalam prakteknya dalam bentuk per kasus, agar mudah dipahami.1. KASUS 1        Pada kasus 1, kita, selengkapnya ..

  19. Menentukan setting SPL
    [01/08/2012, 07:45:28] Pada artikel sebelumnya telah dibahas, bagaimana cara menghitung penambahan SPL akibat penambahan daya masukan speaker, dan berapa penurunan SPL akibat perubahan jarak antara sumber bunyi / speaker dengan titik dengar.Kali ini, akan dibahas bagaimana cara menentukan besarya SPL agar informasi bisa didengarkan dengan baik.1. Ambient noise level ( tingkat kebisingan lingkungan, selengkapnya ..

  20. Rumus berkenaan dengan suara
    [01/08/2012, 07:45:28] 1. Sound Pressure Level (SPL)      SPL / tingkat tekanan suara adalah satuan yang memberikan gambaran besar tekanan suara yang di keluarkan oleh sebuah sumber bunyi yang di sebutkan dalam satuan dB  (baca : decibel).  Semakin besar nilai SPL berarti semakin besar / tinggi sumber bunyi tersebut mengeluarkan suara. Pengukuran SPL dalam sebuah speaker sebagai, selengkapnya ..

  21. Cara menyambung kabel dari amplifier ke speaker horn
    [01/08/2012, 07:45:28] Admin sering ketanyaan dari pengunjung website SELYA PRODUCT,  yaitu mana yang baik cara menyambung kabel dari amplifier ke speaker horn diatas menara / diatas kubah ?Jawabannya sebagai berikut :1. Untuk speaker horn low impedance ( tanpa trafo didalamnya ), bisa menggunakan 1 kabel dari ampli ke speaker tetapi minimal kabel yang, selengkapnya ..

  22. PAGING SYSTEM
    [01/08/2012, 07:45:28] Didalam membuat sebuah instalasi paging system ada beberapa hal yang perlu di siapkan, diantaranya sebagai berikut : Apakah paging system perlu pengatur volume speaker ( ATT ) atau tidak ? Apakah paging system dipergunakan juga sebagai Emergency System ? Apakah setiap ZONE perlu di kontrol terpisah, selengkapnya ..

  23. ARRAY SPEAKER solusi mengurangi GEMA
    [01/08/2012, 07:45:28] Dalam artikel yang lain pernah dibahas bagaimana cara mengurangi suara gema dalam ruangan, diantaranya :1. Memasang karpet dilantai2. Memasang gorden di jendela3. Membuat jendela terbuka4. Dinding-dinding ruangan dibuat berlubang-lubang5. Penempatan speaker secara menyebar ( Distribusi merata )6. Pemilihan kualitas speaker dengan frekuensi response yang lebar7. Arah pemasangan speaker, dll.Dan yang terbaru, selengkapnya ..

  24. TIPS Berbelanja ONLINE agar Tidak Tertipu
    [01/08/2012, 07:45:28] Dengan berkembangnya Era Komputerisasi, yang sudah merambah mulai dari pedesaan hingga perkotaan, dengan fasilitas layanan INTERNET yang semakin mudah dan murah di akses, menjadikan DUNIA semakin dekat terasa...... Berbagai informasi mudah didapat, mulai dari fashion, pengetahuan, dll. termasuk didalamnya layanan JUAL-BELI yang mudah dilakukan dengan maraknya BISNIS ONLINE.  Bagi pembeli...dengan layanan bisnis, selengkapnya ..

  25. Teknik Penempatan speaker yang baik
    [01/08/2012, 07:45:28] Untuk memperoleh hasil yang optimal dalam membangun sebuah sound system di masjid, di hall, dll., hal yang perlu diperhatikan yaitu salah satunya adalah penempatan speaker. Menempatkan speaker yang salah maka akan berakibat suara yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan. Efek yang akan muncul bervariasi yaitu bertambahnya suara gema, suaranya "cempreng" /, selengkapnya ..

  26. Petunjuk Aplikasi professional Box Speaker ZS-HS series
    [01/08/2012, 07:45:28] Professional speaker system yang diluncurkan oleh TOA, mempunyai tanggapan frekuensi response yang lebar dari 70 Hz - 20,000 Hz , sehingga cocok untuk dipakai dalam berbagai suasana atau acara, baik yang membutuhkan suara dengan tendangan bass yang cukup rendah maupun frekuensi tinggi.  Dengan Sound pressure level (SPL ) yang tinggi sekitar, selengkapnya ..

  27. Merancang sebuah Power Supply
    [01/08/2012, 07:45:28] , selengkapnya ..

  28. Cara Pasang Attenuator ( Volume Control Speaker )
    [01/08/2012, 07:45:28] Kalau kita lihat pada amplifier, sering kita temui yang namanya knob VOLUME, yang berfungsi sebagai knob untuk membesarkan suara atau mengecilkan suara amplifier. Topik yang akan kita bahas kali ini yaitu bagaimana cara memasang ATTENUATOR  yang mempunyai cara kerja yang sama dengan VOLUME di amplifier. Teknik dasar pemasangan Pada dasarnya, pemasangan attenuator, selengkapnya ..

  29. Merubah Low Impedance --> High Impedance
    [01/08/2012, 07:45:28] Dalam beberapa artikel terdahulu telah disampaikan, bahwa dalam instalasi speaker dalam jumlah banyak paling efisien dan mudah dalam pemasangannya adalah menggunakan tipe High Impedance  atau Impedansi Tinggi. Karena kebanyakan untuk Horn speaker yang sudah terpasang / terlanjur dibeli adalah tipe low impedansi, maka perlu adanya modifikasi dari low impedance, selengkapnya ..

  30. Box Speaker
    [01/08/2012, 07:45:28] Untuk menunjang performa sebuah speaker, keberadaan box speaker sangat dibutuhkan. Perancangan dan tipe box speaker sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Dengan perancangan box speaker yang asal-asalan akan menghasilkan suara yang ala kadarnya juga. Perancangan box speaker meliputi : 1. Tujuan akhir pembuatan box speaker yang diinginkan, misal : subwoofer, midle, monitor speaker,, selengkapnya ..

  31. Pemilihan Daya Amplifier
    [01/08/2012, 07:45:28] Dalam merancang sebuah instalasi sound system, pemilihan daya amplifier sangatlah penting, karena apabila salah dalam penggunaan amplifier maka suara yang dihasilkan tidaklah optimal. Bisa jadi amplifier terbakar bila beban speaker yang terpasang melebihi kapasitas daya keluaran amplifier. Pada prinsipnya, daya output amplifier = ( sama ) atau >  ( lebih besar ) dari, selengkapnya ..

  32. Keunggulan High Impedance
    [01/08/2012, 07:45:28] Telah dikupas sebelumnya bahwa speaker TOA tersedia dalam High impedance Dan Low impedance. Dan juga sudah diterangkan bagaimana Cara menyambung keduanya ke amplifier. Dan juga telah dibahas pada berita sebelumnya bagaimana Cara merubah speaker low impedance menjadi high impedance. Sekarang kita akan kupas apa keunggulan dari High impedance dibandingkan dengan low, selengkapnya ..

  33. Penempatan Speaker yang baik
    [01/08/2012, 07:45:28] Di dalam penataan sistim tata suara, penempatan speaker sangatlah penting untuk memperoleh hasil yang optimal. Penempatan yang salah dapat menyebabkan suara yang kurang baik. Ada 3 sistem penempatan dalam penempatan speaker : 1. Sistem Terpusat ( Sentralisasi ) 2, Sistem Menyebar/merata ( Desentralisasi ). 3. Kombinasi dari keduanya. Ketiga sistem ada kekurangan dan kelebihannya dan tentunya pemilihannya, selengkapnya ..

  34. Teknik Instalasi Speaker TOA
    [01/08/2012, 07:45:28] Belum banyak orang paham bagaimana cara pemasangan speaker TOA yang baik sehingga diperoleh suara yang enak didengar dan awet alias tidak cepat rusak. Kebanyakan orang masih banyak yang berfikir bahwa cara pasang speaker TOA sama dengan cara pemasangan speaker yang mereka miliki dirumah, sehingga yang didapat suara yang dihasilkan tidak, selengkapnya ..

 
   
 
Toko Online ,Terpercaya,menyediakan berbagai kebutuhan sound system Merk TOA, ASLI....| www.selyaproduct.com